Tentang Pohon Bidara ( sidr )

    Bidara atau widara (ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon yang tumbuh di daerah kering. Manfaat daun bidara untuk kesehatan yang akan diulas ini mungkin belum banyak kamu ketahui.

Jika tanaman lain dikenal hanya manfaat untuk kesehatan, pohon bidara dipercaya memiliki kemampuan yang menakjubkan, yaitu untuk mengusir jin dan syaitan, serta menangkal sihir.

Bahkan tanaman ini juga disebutkan pada beberapa surat di ayat suci Alquran

 


 

 


Manfaat daun bidara

Berikut beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan:

1. Meringankan diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dianggap berbahaya jika tidak mendapatkan perawatan yang maksimal. Beberapa pengobatan perlu dilakukan untuk mengobati atau mengurangi efek komplikasinya.

Salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara.

Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Kamu bisa mengonsumsi rebusan daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah.

Daun bidara juga dapat membantu dalam mengatur sistem perlindungan terhadap pengoptimalan produksi insulin.

2. Melindungi efek buruk sinar matahari

Daun bidara juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan dari radiasi sinar matahari. Radiasi sinar matahari sendiri dianggap dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan kulit, di antaranya termasuk munculnya sel kanker kulit atau melanoma.

3. Meredakan demam

Manfaat lain dari daun bidara juga menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Daun bidara ini dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif pada penderita demam tinggi.

4. Mengurangi kolesterol

Daun bidara juga bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol dalam tubuh bisa turun jika kamu mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui urine atau feses.

 

 

5. Mempercepat penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau luka akibat goresan.

Daun bidara juga memiliki senyawa glikosida yang bermanfaat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Kegunaan daun bidara untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya. 

Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

7. Meredakan gangguan lambung

Daun bidara juga bermanfaat untuk meredakan gangguan lambung. Mereka yang mengalami gangguan lambung atau maag, biasanya karena pola makan yang kurang teratur. Saat asam lambung naik, cobalah untuk membuat jus daun bidara atau bisa mengonsumsi air rebusannya.

8. Membantu mengatasi masalah keputihan

Keputihan adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada beberapa wanita. Bahkan, keputihan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau gatal di area vital. Mengonsumsi daun bidara direkomendasikan kepada mereka yang mengalami keputihan.

Karena daun bidara memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat mengurangi efek tidak nyaman dari keputihan.

Untuk penggunaany,a kamu dapat mencampurkan air rendaman daun bidara untuk membersihkan area tersebut, lakukan beberapa kali sehari atau saat setelah selesai mandi.

9. Meredakan wasir

Daun bidara juga berfungsi meredakan gangguan wasir. Penyakit ini sangat mengganggu saat kamu melakukan aktivitas, apalagi ketika harus banyak duduk ini sangat menyiksa.

Untuk meredakannya, kamu bisa meminum air rebusan air bidara atau juga bisa dibuat jus. Demi hasil yang maksimal, kamu bisa tumbuk halus daun bidara dan balurkan pada daerah yang terjangkit wasir.

10. Untuk mengatasi kulit kering

Jika kulit wаjаh kаmu terasa kеring sеhingga menyebabkan wajah terlihat kusam, bisa dicoba untuk menggunakan daun bidara sebagai masker untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya kamu bisa mengambil daun bidara yang masih segar, kemudian hаncurkаn dаn tambahkan dеngаn sеdikit аir. Daun bidara yang berguna sebagai masker ini jugа bisа dicаmрur dеngаn mаdu.

Selanjutnya, olеskаn mаskеr daun bidara  раdа sеluruh реrmukааn wаjаh, sebelum tidur. Sеtеlаh itu diаmkаn bеbеrара mеnit, lаlu bilаs mеnggunаkаn аir hаngаt. Gunаkаn sеcаrа rutin аgаr hаsilnyа mаksimаl

 

Jika ingin menanam pohon bidara , bisa order melalui whatsapp 085642170887

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Black sapote / Buah puding coklat

Mesin selep padi mini